Minggu, 01 April 2012

Demokrasi

I.Pendahuluan

I.I.Latar belakang
     Apakah demokrasi itu?Demokrasii merupakan suatu bentuk pemerintahan politik yang kekuasaanya berasal dari rakyat.Istilah ini berasal dari bahasa yunani demokratia yaitu kekuasaan rakyat,yang di bentuk dari kata demos yang berarti rakyat dan kratos yang berarti kekuasaan.Di negara kita indonesia demokrasi yang di gunakan ialah demokrasi pancasila yang selalu menjadi Kiblat negara kita dalam menapaki kehidupan berbangsa dan bernegarai. Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang dihayati oleh bangsa dan negara Indonesia yang dijiwai dan diintegrasikan oleh nilai-nilai luhur Pancasila yang tidak mungkin terlepas dari rasa kekeluargaan. Akan tetapi yang menjadi pandangan kita sekarang. Mengapa negara ini seperti mengalami sebuah kesulitan besar dalam melahirkan demokrasi. Banyak para ahli berpendapat bahwa demokrasi pancasila itu merupakan salah satu demokrasi yang mampu menjawab tantangan jaman karena semua kehidupan berkaitan erat dengan nilai luhur Pancasila.

I.II.Tujuan
       Agar kita sebgai bangsa indonesia mengerti apa itu demokraasi,bagaimana kita sebagai bangsa indonesia berdemokrasi yang baik dan benar dan bagaimana kita memaknainya.Dan secara umum bisa ikut menjaga ketertiban dunia dengan berdemokrasi.

II.Pembahasan
    Bentuk-bentuk demokrasi secara umum terdapat dua bentuk demokrasi,yaitu demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan.Demokrasi langsung merupakan suatu bentuk demokrasi dimana setiap rakyat memberikan suara atau pendapat dalam menentukan suatu keputusan,Dalam sistem ini,setiap rakyat mewakili dirinya sendiri dalam memilih suatu kebijakan sehingga mereka memiliki pengaruh langsung terhadap keadaan politik yang terjadi. Sistem demokrasi langsung digunakan pada masa awal terbentuknya demokrasi di Athena dimana ketika terdapat suatu permasalahan yang harus diselesaikan,seluruh rakyat berkumpul untuk membahasnya. Di era modern sistem ini menjadi tidak praktis karena umumnya populasi suatu negara cukup besar dan mengumpulkan seluruh rakyat dalam satu forum merupakan hal yang sulit. Selain itu, sistem ini menuntut partisipasi yang tinggi dari rakyat sedangkan rakyat modern cenderung tidak memiliki waktu untuk mempelajari semua permasalahan politik negara.Sedangkan demokrasi perwakilan adalah seluruh rakyat memilih perwakilan melalui pemilihan umum untuk menyampaikan pendapat dan mengambil keputusan bagi mereka.contoh pemilihan umum pada tahun 2004,untuk pertama kalinya indonesia menyelenggarakan pemilihan umum secara langsung oleh rakyat untuk memilih pemmpin nya.
Dalam perkembangannya, demokrasi menjadi suatu tatanan yang diterima dan dipakai oleh hampir seluruh negara di dunia Ciri-ciri suatu pemerintahan demokrasi adalah sebagai berikut:

  1. Adanya keterlibatan warga negara (rakyat) dalam pengambilan keputusan politik, baik langsung maupun tidak langsung (perwakilan).
  2. Adanya pengakuan, penghargaan, dan perlindungan terhadap hak-hak asasi rakyat (warga negara).
  3. Adanya persamaan hak bagi rakyat di segala bidang.
  4. Adanya lembaga peradilan dan kekuasaan kehakiman yang independen sebagai alat penegakan hukum
  5. Adanya kebebasan dan kemerdekaan bagi seluruh warga negara.
  6. Adanya pers (media massa) yang bebas untuk menyampaikan informasi dan mengontrol perilaku dan kebijakan pemerintah.
  7. Adanya pemilihan umum untuk memilih wakil rakyat yang duduk di lembaga perwakilan rakyat.
  8. Adanya pemilihan umum yang bebas, jujur, adil untuk menentukan (memilih) pemimpin negara dan pemerintahan serta anggota lembaga perwakilan rakyat.
  9. Adanya pengakuan terhadap perbedaan keragamaan (suku, agama, golongan, dan sebagainya).
Seiringnya berjalanya waktu terdapat beberapa pelanggaran yang menciderai makna demokrasi,di antaranya pernah di alami oleh bangsa kita,bangsa indonesia.pada zaman pemerintahan orde baru yang di pimpin oleh bapak presiden soeharto.Dulu masyarakat tidak bisa seperti sekarang yang bebas mengeluarkan pendapatnya,Dulu jika kita berdemo kita di anggap sebagai pemberontak,tidak main-main,di culik bahkan di bunuh di alami oleh pejuang-pejuang HAM bangsa ini.Dan puncaknya pada pada tahun 1998 mahasiswa mulai dan membentuk kelompok masa dalam jumlah yang sangat banyak untuk menduduki gedung MPR/DPR dengan tujuan untuk menyerukan suara agar presiden soeharto turun dari kursi kepresidenan.Dan akhirnya pada 21 mei 1998,soeharto secara resmi mengumumkan kemunduran dirinya dari jabatanya sebagai presiden.

III.Penutup

III.I.Kesimpulan
        Dari pengalaman masa lalu bangsa kita, keliatan bahwa demokrasi belum membudaya. Kita memang telah menganut demokrsai dan bahkan telah di praktekan baik dalam keluarga, masyarakat, maupun dalam kehidupan bebangsa dan bernegara. Akan tetapi, kita belum membudanyakannya.        

III.II.Saran
          Mewujudkan budaya demokrasi memang tidak mudah,Yang paling utama, tentu saja adalah harus ada niat untuk memahami nilai-nilai demokrasi dan mempraktekanya secara terus-menerus dan membiasakanya.

Daftar Pustaka:Buku buku SMA kelas X.
      









   

1 komentar:

  1. hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti
    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
    karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill
    makasi :)

    BalasHapus