Sabtu, 04 Januari 2014

Iklan yang Tidak Etis di Pertelevisian Indonesia

      Setiap hari secara tidak sadar kita selalu berhadapan dengan iklan. Mulai di jalanan, radio, televisi, koran, maupun internet. Salah satu media paling efektif untuk beriklan adalah menggunakan jasa televisi, karena mampu mengajak penonton untuk melihat, mendengar, dan seolah-olah merasakan apa yang diiklankan. Beriklan menggunakan jasa televisi memerlukan biaya yang sangat banyak. Oleh karena itu, perusahaan harus pandai menciptakan iklan yang benar-benar membuat produknya semakin laku. Bukan berarti menghalalkan segala cara untuk beriklan, seharusnya tidak melanggar etika periklanan. Unsur dalam etika ada 3, antara lain: kebebasan yang positif, tanggung jawab, dan kesadaran moral. Namun apakah semua orang tahu etika periklanan? Misalnya perusahaan iklan, mereka selalu berusaha membuat iklan kreatif dan unik. Ketika iklannya tidak disukai masyarakat, perusahaan akan diserang karena membuat iklan yang tidak bermutu atau tidak etis. Padahal letak dimana tidak mutu dan tidak etisnya mereka tidak bisa menjelaskan atau sebaliknya. Hanya dikarenakan satu hal, mereka tidak tahu. 

 Bagi saya pribadi banyak sekali Iklan yang tidak etis pada pertelevisian kita, Namun pada tulisan ini saya hanya akan menulis 4 iklan produk saja, Diantaranya :

1. Iklan Deodorant Rexona Versi wanita Ingin Menyetop Mobil
  
    Pada  iklan ini ditampilkan dua orang wanita yang sedang berkendara menggunakan mobil sedan dengan atap terbuka, di tengah jalan tiba - tiba saja mobil mereka rusak. Turunlah seorang wanita dengan menggunakan kaos tanpa lengan melambai - lambaikan sapu tangan nya untuk meminta bantuan, namun tidak ada yang berhenti di karenakan ketiak wanita tersebut hitam. melihat hal itu temanya yang satu lagi akhirnya turun dengan merobek lengan kaosnya.wanita itupun melambai lambaikan tanganya.Banyak sekali pria - pria yang melirik dan kemudian menolong kedua wanita tersebut karena ketiak wanita ini putih bersih.
Apakah jika ingin menolong seseoarang harus dilihat dari ketiak tersebut putih atau hitam ? :)


2. Iklan Kondom Sutera

    Iklan ini diperankan oleh Julia Perez dan Kekasihnya Gaston Casatno. Diceritakan Gaston castano yang sedang menggiring bola ke arah julia perez. Ditengah iklan tersebut Julia Perez berkata " Pengen masukin, Pake sutra dulu dong ah ". Tidak perlu dijelaskan lagi.:). Apa jadinya jika iklan ini dilihat oleh anak - anak dan remaja dibawah umur.


3. Iklan Alat Pembentukan Tubuh J-Shaper


     Menurut KPI iklan produk kesehatan ini melanggar norma kesopanan. Terlalu mengekspos tubuh wanita yang berpakaian minim, kurang layak bila dilihat jutaan penonton televisi. Selain kurang sopan iklan Jaco Home Shopping memiliki durasi yang sangat lama. Setiap iklan bebas menentukan durasi, namun hendaknya diperhatikan jangan sampai membuat penonton bosan atau mengganggu tayangan lain.


 4. Iklan Pompa Air Shimizu

       Iklan pompa air dengan unsur SARA yang melanggar norma kesopanan. Dalam iklan terdapat adegan seorang wanita yang mencari obat kuat, namun dia ditawari pompa air. Kemudian dengan wajah menggoda wanita tadi disirami air oleh pasangannya. Dikhawatirkan para penonton khususnya anak-anak dan remaja berpikiran kotor setelah melihat tayangan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar