Senin, 01 November 2010

Manusia dan Cinta kasih

4.1.Pengertian cinta kasih
Cinta adalah kekuatan manusia yang paling tinggi.Cinta adalah sumber segalanya,Kita tidak akan dapat mewujudkan setiap impian kita tanpa cinta.
Pada dasarnya kasih sayang adalah fitrah yang di anugerahkan ALLAH SWT kepada makhluknya ,misalnya hewan,kita perhasikan begitu kasihnya kepada anaknya,sehingga rela berkorban jika anaknya di ganggu.Naluri inipun ada pada manusia,di mulai dari kasih sayang orang tua kepada anaknya,begitu pula sebaliknya.


4.2.Cinta menurut ajaran agama
Cinta adalah sebuah amalan hati yang akan terwujud dalam (amalan) lahiriah.Apabila Cinta tersebut sesuai dengan apa yang di ridhai allah,maka ia akan menjadi ibadah.Dan sebaliknya,jika tidak sesuai dengan ridha-NYA maka akan menjadi perbuatan maksiat.Berarti jelas bahwa cinta adalah ibadah hati yang bila keliru menempatkanya akan menjatuhkan kita ke dalam sesuatu yang di murkai allah yaitu kesyirikan.
Cinta yang di bangun karena allah akan menghasilkan kebaikan yang sangat banyak dan berharga.
"Katakanlah:Jika kalian cinta kepada allah maka ikutilah aku,niscaya allah akan mencintai kalian."(Ali imran:31).


4.3.Kasih sayang
Kasih sayang dan cinta merupakan milik semua orang.Manifestasi dari Kasih sayang dan cinta dapat menciptakan lingkungan yang tentram.Karena setiap individu menyadari makna yang paling hakiki dari rasa kasih sayang dan cinta.Dengan kasih sayang kita akan selalu menghargai karya orang lain.Dengan cinta juga kita selalu menjaga lingkungan yang harmonis.


4.4.Kemesraan
Kemesraan berasl dari kata mesra yang berarti sangatlah erat.Mesra juga dapat diartikan sebagai suatu proses hubungan yang erat.Secara istilah,Kemesraan dapat di artikan sebagai suatu keadaan dimana kita memiliki hubungan yang sangat erat kepada seseorang,dan kita merasa sangat nyaman bila di dekatnya.


4.5.Pemujaan
Pemujaan adalah dimana kita memuja atau mengagungkan sesuatu yang kita senangi.Pemujaan dapat di lakukan dalam berbagai aspek seperti memuja pada lelulur,memuja pada agama tertentu dan kepercayaan yang ada.Seperti pemujaan pada leluhur adalah suatu kepercayaan bahwa para leluhur yang telah meniggal masih memiliki kemampuan untuk ikut mempengaruhi keberuntungan orang yang masih hidup.


4.6.Belas kasihan
Belas kasih adalah kebajikan dimana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri,Dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme dasar ke tingkat yang paling tinggi prinsip-prinsip dalam filsafat,masyarakat,dan kepribadian.
cara menumpahkan belas kasih kepada sesema manusia di antaranya adalah ikut merasakan penderitaan orang lain yang sedang terkena musibah.


4.7.Cinta kasih erotis
Cinta erotis adalah cinta yang cenderung mengarah kepada cinta sepasang insan berlainan jenis.Pada hakikatnya cinta kasih tersebut bersifat eksklusif,bukan universal,dan juga barangkali merupakan bentuk cinta kasih yang paling tidak dapat di percaya.Cinta jenis ini kerap kali terjadi pada usia remaja,dimana pada masa ini remaja sedang mengalami masa pubertas.




www.gogle.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar