Senin, 01 November 2010

Manusia dan keindahan

5.1.Keindahan
Keindahan berasal dari kata "Indah" yang berarti dalam keadaan enak di pandang.
Keindahan berarti sifat sifat keadaan yang indah.Ada pula yang berpendapat bahwa keindahan adalah suatu kumpulan hubungan hubungan yang selaras dalam suatu benda dan di antara benda itu dengan si pengamat.
-Nilai estetik
 Nilai estetik adalah nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan
-Nilai ekstrinsik
 Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainya.
-Nilai intrinsik
 Nilai intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan,atau sebagai suatu tujuan ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.

Kontemplasi adalah

5.2..Renungan
Renungan berasal dari kata renung,artinya diam diam memikirkan sesuatu ,atau memikirkan sesuatu dengan dalam dalam.Renungan adalah hasil merenung .dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori antara lain:Teori pengungkapan,Teori metafisik,dan Teori psikologis.
Teori pengungkapan
Dalil teori ini ialah bahwa "arts is an expretion of human feeling"(seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia)Teori ini terutama bertalian dengan apa yang dialami oleh seorang seniman ketika menciptakan karya seni.
Teori metafisik
Teori seni yang bercatok metafisik merupakan salah satu contoh teori yang tertua ,yakni berasal dari plato yang karya karyanya untuk sebagian membahas estetik filsafat ,konsepsi keindahan dari teori seni.
Teori psikologis
Para ahli estetik dalam abad modern menelaah teori teori seni dari sudut hubungan karya seni dan alam pikiran penciptanya dengan mempergunakan metode metode psikologis.


5.3.Keserasian
1)Teori Erikson
    Teori ini di katakan sebagai salah satu teori yang sangat selektif karena pada dasarnya setiap perkembanagan dalam kepribadian manusia mengalami keserasian.
2)Teori Kerjaya Holland
    Teori yang menekankan keserasian perssonaliti perseerikatan untuk mencapai kepuasan yang tinggi.
3)Teori Motivasi
    Teori motivasi merupakan satu penggerak dari dalam hati suatu kebutuhan kognitif,yaitu mengetahui,memahami,dan menjelajahi kebutuhan estetik keserasian.




www.gogle.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar