Senin, 01 November 2010

Manusia dan Penderitaan

6.1.Pengertian Penderitaan
Penderitaan berasal dari kata derita.Derita berasal dari bahasa sansekerta artinya menahan atau menanggung.Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan.
Penderitaan itu dapat lahir atau batin atau lahir batin.


6.2.Siksaan
 Siksaan dapat di artikan sebagai siksaan badan/jasmani dan dapat pula berupa siksa jiwa/rohani.Akibat siksaan yang di alami seseorang timbulah penderitaan.
Siksaan yang sifatnya psikis misalnya kebimbanagan,kesepian,dan ketakutan.
Ketakutan  merupakan bentuk lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin.Bila rasa takut itu di besar besarkan tidak pada tempatnya,maka disebut sebagai phobia.Pada umumnya orang memiliki satu atau lebih phobia ringan seperti takut pada tikus,ular,serangga dll.


6.3.Kekalutan mental
Penderitaan dalam ilmu psikologi di kenal sebagai kekalutan mental.Secara lebih sederhana kekalutan mental dapat di rumuskan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidak mampuan seorang menghadapi persoalan yang harus di atasi sehingga yang bersangkutan bertingkah secara kurang wajar.
Gejala gejala permulaan bagi seseorang yang mengalami kekalutan mental adalah:
1)Nampak pada jasmani  yang sering merasakan pusing,sesak napas,demem,nyeri pada lambung.
2)Nampak pada kejiwaanya dengan rasa cemas,ketakutan,patah hati,apatis,cemburu,mudah marah.

Tahap tahap gangguan pada kejiwaan adalah:
1)Gangguan kejiwaan nampak pada gejala gejala kehidupan si penderita baik jasmani maupun rohaninya.
2)usaha mempertahankan diri dengan cara negative
3)ketakutan merupakan titik patah dan yang bersangkutan mengalami gangguan.

sebab sebab timbulnya kekalutan mental:
1)Kepribadian yang lemah akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempurna
2)Terjadinya konflik sosial budaya
3)Cara pematangan batin yang salah.


6.4.Penderitaan dan Perjuangan
Setiap manusia mengalami penderitaan,baik berat ataupun ringan.Penderitaan adalah bagian kehidupan manusia yang bersifat kodrati.Karena itu terserah kepada manusia itu sendiri untuk berusaha mengurangi penderitaan itu semaksimal mungkin,bahkan menghindari atau menghilangkan sama sekali.Manusia adalah makhluk berbudaya ,dengan budayanya itu ia berusaha mengatasi penderitaan yang mengancam atau dialaminya.Hal ini membuat manusia itu kreatif,baik bagi penderita sendiri maupun bagi orang lain yang melihat atau mengamati penderitaan.


6.5.Penderitaan,media masa dan seniman
Beberapa sebab lain yang menimbulkan penderitaan manusia ialah kecelakaan,bencana alam,bencana perang,dll.
Media masa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa peristiwa penderitaan manusia secara cepat kepada masyarakat.Dengan demikian masyarakat dapat segera menilai untuk menentukan sikap antara sesama manusia terutama bagi yang merasa simpati .Tetapai tidak kalah pentingnya komunikasi yang di lakukan para seniman melalui karya seni.


6.6.Penderitaan dan sebab sebab nya
Apabila kita kelompokan secara sederhana berdasarkan sebab sebab timbulnya penderitaan ,maka penderitaan manusia dapat di perinci sebagai berikut:
A)Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia.
B)Penderitaan yang timbul karena penyakit,siksaan atau azab tuhan.


6.7.Pengaruh Penderitaan
Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam macam dan sikap dalam dirinya.Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun sikap negatif.Sikap negatif misalnya penyesalan karena tidak bahagia,sikap kecewa,putus asa,ingin bunuh diri.




sumber:www.gogle.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar